38 Tahun Lalu, Waktu Juventus Jadi yang Pertama Mendapatkan 20 Scudetto

Posted on

 

Giovanni Trapattoni salah satu pelatih paling sukses di Italia. Banyak club teratas yang diatasinya. Termasuk juga salah satunya ialah Juventus periode 1976-1986.

Salah satunya perolehannya yang sangat terkesan ialah bawa Juventus merengkuh Scudetto Serie A mereka yang ke-20.

Trapattoni lakukan itu 38 tahun kemarin, persisnya pada musim 1981/92. Saat itu, ia bawa Juventus memenangkan kompetisi ketat menantang Fiorentina.

Satu Point

Juventus musim 1981/82 itu diperkokoh beberapa pemain seperti Dino Zoff, Claudio Gentile, Gaetano Scirea, Massimo Bonini, Liam Brady, Cesare Prandelli, Marco Tardelli, Paolo Rossi, sampai Roberto Bettega.

Saingan terberatnya ialah Fiorentina garapan Giancarlo De Sisti. Mereka diperkokoh Pietro Vierchowod, Daniel Bertoni, Daniele Massaro, sampai kapten Giancarlo Antognoni.

Juventus finish dengan 46 point dari 30 laga. Juventus finish hanya dengan keunggulan satu point atas Fiorentina di rangking dua.

Gol Tunggal Liam Brady di Minggu Penutup

Juventus pastikan diri menjadi juara karena kemenangan 1-0 atas tuan-rumah Catanzaro di minggu penutup, pada 16 Mei 1982. Di tempat Cagliari, Fiorentina hanya dapat mendapatkan hasil seimbang 0-0.

Gol tunggal Juventus di pertandingan itu diciptakan Liam Brady dari titik penalti.

Saat itu, Juventus juga jadi team Italia pertama serta salah satu selama ini yang mendapatkan 20 Scudetto Serie A.

Penguasa Italia

Juventus selama ini telah mempunyai 35 gelar juara Serie A. Itu tidak termasuk juga dua Scudetto yang dilucuti untuk buntut skandal Calciopoli 2006.

Walau demikian, perolehan itu masih jauh di atas dua kompetitornya, AC Milan serta Inter Milan.

Milan serta Inter sekarang ini saling baru mendapatkan 18 Scudetto.

Milan akhir kali memenangkan Serie A pada musim 2010/11. Selain itu, Scudetto paling akhir Inter ialah dari musim 2009/10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *