Starting XI Liverpool di Final Liga Champions 2005, di Mana Mereka Saat ini?

Posted on

 

Final Liga Champions 2005 jadi salah satunya peristiwa penting buat Liverpool. Karena, pada tanding di Istambul itu, Liverpool jadi juara selesai ketinggalan 3-0 dari AC Milan di set pertama.

Milan yang ditemui Liverpool tengah ada dalam perform paling baik. Rossoneri yang dilatih Carlo Ancelotti punyai beberapa pemain bintang. Ada nama Kaka, Shevchenko, Andera Pirlo, Alessandro Nesta, serta Paolo Maldini.

Rafael Benitez, pelatih Liverpool saat itu, ingat benar apakah yang berlangsung waktu teamnya masuk ruangan tukar dengan ketinggalan 3-0. Benitez kobarkan semangat juang Steven Gerrard serta mitra di set ke-2.

“Pesan yang kami berikan pada beberapa pemain ialah masalah keyakinan diri. Coba cetak gol kilat, kembali pada permainan. Itu yang penting,” ingat pelatih dari Spanyol.

Steven Gerrard, Vladimir Smicer, serta Xabi Alonso berganti-gantian cetak gol ke gawang Milan. Score jadi seimbang 3-3. Liverpool serta Milan harus bertarung sampai beradu penalti serta kemenangan jadi punya The Reds.

Tim Liverpool musim itu akan kekal di hati fans Liverpool.

Starting XI Liverpool

Liverpool (4-4-1-1): Dudek; Traore, Hyppia, Carragher, Finnan (46′ Hamann); Alonso, Riise, Gerrard, Luis Garcia, Kewell (23′ Smicer), Baros (85′ Djibril Cisse)
7 dari 7
Statistik AC Milan versus Liverpool

Gol: 3 – 3
Penalti: 2 -3
Keseluruhan tembakan: 22 – 15
On sasaran: 10 – 7
Possession: 55% – 45%
Fouls: 7 – 5
Offsides: 7 – 5

Penjaga Gawang dan Bek

Jerzy Dudek

Jerzy Dudek, pahlawan Liverpool di final Liga Champions 2005. 2 tahun sesudah peristiwa indah itu, Jerzy Dudek geser ke Real Madrid. Jerzy Dudek selanjutnya pensiun dari sepak bola pada 2011.

Jerzy Dudek pernah punyai mimpi membuat akademi sepak bola di Polandia. Pada 2014 lalu, Dudek mengambil bagian dari kejuaraan balap mobil musim panas Volkswagen Castrol Cup.

Djimi Traore

Djimi Traore berpisah dengan Liverpool pada 2006. Kemudian, ia bermain untuk Charlton Athletic. Pria asal Prancis pensiun pada 2014 lalu selesai bela club Amerika Serikat, Seattle Sounders FC.

Djimi Traore sekarang jadi asisten manager di Seattle Sounders FC.

Sami Hyypia

Sami Hyypia jadi pemain Liverpool semasa 10 tahun [1999 sampai 2009]. Sami Hyypia selanjutnya geser ke Bayer Leverkusen serta pensiun pada 2011. Kemudian, Sami Hyypia jadi pelatih.

Sami Hyypia sempat jadi asisten pelatih tim nasional Finlandia. Sami Hyypia sempat juga jadi pelatih Leverkusen. Paling akhir, ia melatih FC Zurich pada 2016.

Jamie Carragher

Jamie Carragher bermain untuk Liverpool semenjak 1996 sampai pensiun pada 2013. Loyalitasnya pada The Reds tak perlu disangsikan lagi. Jamie Carragher pernah dipercayai untuk kapten Liverpool.

Jamie Carragher tidak melalui karier untuk manager. Sekarang ini, Jamie Carragher tertera untuk pandit untuk beberapa media teratas Eropa.

Steve Finnan

Steve Finnan pensiun pada 2009 saat ia tidak mendapatkan kontrak baru dari Portsmouth. Ia pernah bermain di Espanyol saat geser dari Liverpool pada 2008 sebelum berlabuh ke Portsmouth.

Pada 2010, ia tinggal di Gambia untuk lakukan beberapa project sosial. Lalu, semenjak 2015, Steve Finnan tinggal di London untuk kerja di bagian property.

Pemain tengah

Xabi Alonso

Xabi Alonso pensiun pada 2017 kemarin. Sesudah purna pekerjaan di Liverpool pada 2009, ia geser ke Real Madrid. Xabi Alonso selanjutnya tutup kariernya bersama-sama Bayern Munchen. Ia bela Die Roten semenjak 2014 sampai 2017.

Xabi Alonso sekarang jadi pelatih. Ia pernah melatih Real Madrid U-14, sebelum geser ke Real Sociedad untuk melatih team Real Sociedad B.

John Arne Riise

2 tahun sesudah memenangkan Liga Champions bersama-sama Liverpool, si bek dipastikan pailit. Bek kiri asal Norwegia itu waktu itu baru berumur 26 tahun serta terima upah 50 ribu pounds (Rp897 juta) per minggu di Anfield.

John Arne Riise geser dari Liverpool pada 2008 untuk bermain di AS Roma. Legenda tim nasional Norwegia itu pensiun pada 2017 lalu selesai bela Rollon.

Steven Gerrard

Steven Gerrard jadi pahlawan buat Liverpool di final Liga Champions 2005. Ia pimpin team untuk bangun di set ke-2. Steven Gerrard tinggalkan The Reds pada 2015 untuk bermain di LA Galaxy.

Steven Gerrard sekarang meniti karier untuk pelatih. Pria berumur 39 tahun jadi manager Rangers. Steven Gerrard dipercaya akan jadi alternatif Jurgen Klopp di waktu depan.

Luis Garcia

Luis Garcia pensiun pada 2016 lalu selesai bermain untuk Central Coast Mariners, club asal Australia. Awalnya, bekas pemain tengah tim nasional Spanyol itu bermain untuk club asal India yaitu Atletico Kolkata.

Luis Garcia akhiri aksinya di Liverpool pada 2007. Ia geser ke Atletico Madrid sesudah tidak jadi pemain utama Liverpool. Luis Garcia sekarang jadi pandit.

Striker

Harry Kewell

Harry Kewell masuk dengan Liverpool pada 2003. 3 tahun sesudah mendapatkan titel juara Liga Champions bersama-sama The Reds, Harry Kewell geser ke Galatasaray. Harry Kewell pensiun pada 2014 kemarin.

Harry Kewell sekarang memperdalam karier untuk manager. Salah satunya pemain paling baik Australia itu jadi manager Notts County pada 2018 kemarin.

Milan Baros

Milan Baros masih aktif bermain sampai sekarang ini. Pada umur 38 tahun, ia memang tidak bermain di level teratas. Semenjak 2017, Milan Baros bermain untuk club Rep. Ceko yaitu Banik Ostrava.

Milan Baros tinggalkan Liverpool sesudah jadi juara Liga Champions. Milan Baros waktu itu geser ke Aston Villa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *